Kamis, 02 Juni 2011

50 Juta Rekening, BRI Perkuat Layanan IT



JAKARTA—Pada Tanggal 25 May 2011 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) merupakan salah satu bank pemilik nasabah terbanyak secara nasional. Hingga saat ini, Bank BRI telah melayani transaksi 30 juta nasabah dari seluruh pelosok negeri.

Untuk itu, Bank BRI terus mengembangkan sistem layanan teknologi informasi (TI) agar mampu menyesuaikan dengan tuntutan layanan para nasabah. “Setiap harinya BRI telah memproses sebanyak 6,5 juta transaksi per hari dari 50 juta rekening dengan jumlah hampir 7.000 ATM,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank BRI Muhamad Ali di Jakarta.

Selain itu, BRI juga mengembangkan sistem layanan secara host to host untuk mendukung pelayanan nasabah berbasis besar seperti nasabah korporasi atau BUMN. “E-channel BRI juga telah terhubung dengan jaringan Link, ATM Bersama, Prima, BankCard, Maestro dan Cirrus,” tambah Ali.

Dikatakan Ali, peranan TI bagi persaingan industri perbankan sangat menentukan. “Kekuatan berkompetisi khusunya perbankan, TI adalah kebutuhan mendasar, kita mengembangkan struktur TI yang timely dan akurat. Selain itu aktivitas transaksi menuntut otomastisasi transaksi sehingga TI harus reliable dan accountable,” papar Ali

Dia mengatakan, target pengembangan TI Bank BRI adalah dengan mengoptimalkan pemakaian TI sehingga seluruh perangkat bisa melayani real time online dengan meningkatkan availability dan reliability dengan mengembangkan sistem pengaman dan backup. “Selain itu, mempunyai jaringan yang menghubungkan dengan nasabah prima seperti BUMN dan lembaga negara,” tutup Ali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar